Penggagas Cerita Rogue One Ungkap Asal Usul Nama Jyn Erso

Nama Jyn Erso ternyata datang dari beberapa nama orang yang ada di dunia nyata yang dicintai oleh penggagas dari cerita film Rogue One, John Knoll.

Rogue One: A Star War’s Story yang dirilis pada akhir tahun 2016 telah menjadi perhatian dunia karena telah mengembalikan ‘karakter’ Star Wars yang telah ‘hilang’ di beberapa episode terakhir film Star Wars. Selain itu, Rogue One juga telah mengembalikan ingatan para fans akan nonton film online Star Wars episode awal. Selain jalur cerita dan efek yang ditampilkan, yang menjadi perhatian di Rogue One adalah sosok Jyn Erso yang merupakan pemain utama di film ini.

Asal Usul Nama Jyn Erso

Bukan hanya sosok Felicity Jones yang memerankan Jyn Erso saja yang menjadi salah satu pusat perhatian para pemerhati film dan fans Star Wars melainkan juga asal usul nama Jyn Erso sendiri. Kita tentu tahu jika di alam semesta Star Wars ada banyak karakter dengan berbagai nama yang berbeda. Menariknya, beberapa karakter ternyata memiliki nama yang tidak jauh berbeda dari beberapa nama orang yang ada di dunia nyata. Salah satu nama tersebut adalah nama Jyn Erso.

Sekarang kita tahu dari mana nama pahlawan Rogue One berasal. Orang yang pertama kali mengajukan ide untuk cerita film Rogue One yang juga menciptakan nama Jyn Erso mengungkapkan jika nama Jyn Erso didasarkan dari sosok wanita yang sebenarnya ia tahu dan cintai di dunia nyata.

Ia mengatakan jika putri bungsunya bernama Jane, dan istrinya adalah Jen, sehingga keduanya disingkat menjadi ‘Jyn’. Ia juga memiliki seorang bibi bernama Bibi Ginny, [bentuk pendek] untuk Virginia, sehingga ada sedikit campuran nama bibinya juga. Ini adalah campuran dari banyak wanita yang ia cintai di dalam hidupnya.

Ia adalah sang ahli efek visual, yakni John Knoll. Ia adalah orang yang dikreditkan pertama kali melempar gagasan pengaturan film di seluruh pengambilan rencana Death Star kepada kepala Lucasfilm, Kathleen Kennedy. Namun, kontribusinya tidak berhenti di situ, karena ia mengatakan pada Yahoo Movies bahwa ia juga memberi nama tokoh utama Rogue One, Jyn Erso.

Secara singkat bisa dikatakan juga bahwa dia adalah yang menjadi alasan kenapa film ini dipimpin oleh karakter seorang wanita. Knoll memiliki tiga anak perempuan remaja ketika ia bekerja di prequels Star Wars dan ia ingin membuat karakter yang disukai oleh para perempuan remaja seperti mereka bisa mencontohnya.

Nama Bisa Datang Dari Mana Saja

Ini adalah cara yang lebih baik untuk mengetahui tentang penamaan karakter di Star Wars daripada mengetahuinya dari gambar-gambar acak yang mengapung di sekitar media sosial yang memberitahu Anda tentang nama-nama karakter Star Wars. Walau demikian, harus diketahui bahwa nama memang memiliki kaitan dan perasaan yang kuat dengan dunia dimana nama tersebut berada. Jyn Erso terdengar sangat masuk akal untuk berada di dunia Star Wars.

Namun, apa yang dikatakan John Knoll, bagaimanapun, hanya terbatas pada bagaimana ia memiliki ide dengan nama pertama, Jyn. Sedangkan nama Erso, nama tersebut tidak jelas dari mana nama itu berasal. Pada titik ini, kita harus mengasumsikan pada apa yang ada di seluruh cerita Star Wars dimana nama bisa datang dari mana saja. Bahkan, ada karakter yang hanya memiliki satu nama saja.

Ya, tidak semua dari nama karakter Star Wars harus berupa nama lengkap. Contohnya adalah Rey dan Finn yang hanya merupakan nama tunggal togel online. Meskipun kita bisa menebak Rey memiliki nama belakang, mungkin kita belum tahu saja karena belum disebutkan di film. Sejauh ini, Rey dan Finn tidak memiliki nama lengkap.

Share This: